Seharusnya seluruh tayangan di televisi harus bersifat mendidik serta
memberi pencerahan kepada pemirsanya. Selain dua faktor di atas, konten
tayangan pun harus bersifat objektif dan jauh dari kesan subjektif dan
memojokkan salah satu kelompok/pihak. Terlebih bila itu tayangan yang
berbau agama layaknya ‘Khazanah Tran7 dan khususnya Hadist-Hadist Palsu’
yang ditayangkan setiap hari selama bulan Ramadhan 1434 H di RCTI.
Selama
ini hampir tak ada masalah dengan tayangan tersebut. Di tengah
kekeringan umat akan tayangan agama yang bersifat mendidik dan juga
menghibur, “Khazanah Tran7 atau Hadist-Hadist Palsu” datang menyapa umat
dan memberikan pencerahan pada umat islam.
Namun menyimak
tayangan RCTI bertajuk “Hadist-hadist palsu”, kalau tidak salah ingat
pada hari ke-6 puasa kesan mendidik dan memberikan pencerahan terhadap
umat menjadi hilang seketika. Alih-alih objektif tayangan “Hadist-Hadist
Palsu” dengan judul tersebut justru terkesan melemahkan semangat umat
islam dalam beribadah dan beramal shalih.
Hadist-hadist palsu
merupakan tayangan dan program RCTI yang katanya mengungkap
hadist-hadist lemah dan palsu yang tersebar dan populer di masyarakat,
namun betulkah demikian realitasnya ?
Dalam judul program diatas
jelas “Hadits-Hadits Palsu” (Maudhu’), tapi kenapa memasukkan di dalam
tayangannya tentang hadits dho’if (Lemah). Padahal beda atara Dho’if dan
Maudhu’ (lemah dan palsu).
Hadits Dhoif adalah hadits yang
kehilangan satu syarat atau lebih dari syarat-syarat hadits shohih atau
hadits hasan. Hadits Dho’if banyak macam ragamnya dan mempunyai
perbedaan derajat satu sama lain, disebabkan banyak atau sedikitnya
syarat-syarat hadits shohih atau hasan yang tidak dipenuhinya.
Hadits
Maudhu’: adalah hadits yang diciptakan oleh seorang pendusta yang
ciptaan itu mereka katakan bahwa itu adalah sabda Nabi SAW, baik hal itu
disengaja maupun tidak.
Kata Dho’if di ambil dari kata dhu’fu
atau dha’fu (Lemah) yang merupakan isim sifat dhifa yang berarti lawan
dari kata (quwwah)kuat. Secara terminology hadist dhoif yaitu hadist
yang tidak memiliki shifat “hasan” dah jauh dari “shahih”. Secara
spesifik Hadis Dhaif adalah Setiap hadis yang tidak terhimpun padanya
semua syarat hadis sahhih dan tidak pula semua syarat hadis Hassan.
(Al-manhal ar-Rawiy (ms/38);Muqadimatu Ibni Ash-Shalah (ms/20); Irsyad
Thullab Al-Haqaiq (1/153)
Pendapat Tentang Hadist Dho’if :
1.
Syeikh Al-Qasimi : Refrensi dari kitab ’Uyun al-athar dan Fathul
Mughis, di dalam kitabnya beliau berkata “Diceritakan oleh Ibnu Sayyid
al-Nas didalam kitab ’Uyun al-athar dari Yahya Bin Mu’in dan dinisbahkan
pula didalam karya Abi Bakr Ibni Arabi “Secara zahirnya sesungguhnya
mazhab al-bukhari, Muslim mengatakan : “Tidak boleh beramal dengan
mengunakan hadis Dha’if’’.
2. Syeikh Ali al-Qari : kitab
Al-Maraqah jilid 2 ms/381, didalam kitab Al-Maraqah jilid 2 ms/381.
Beliau berkata : “Sesungguhnya hadis Dhaif ini “boleh” diamalkan didalam
perkara-perkara yang tergolong dalam amalan-amalan tambahan(fadail
amal),dan sesungguhnya perkara itu merupakan hasil ijmak ulama yang
sebagaimana telah dikatakan oleh Imam nawawi.Namun,yang dimaksudkan itu
(fadhail a’mal) disini adalah amalan-amalan yang sebagaimana yang telah
ditetapkan oleh Kitabullah dan Sunnah Rasulullah ’’
3. Ahmad bin
hambal, Abdullah bin al Mubarak berkata: “Apabila kami meriwayatkan
hadits tentang halal, haram dan hukum-hukum, kami perkeras sanadnya dan
kami kritik rawi-rawinya. Tetapi bila kami meriwayatkan tentang
keutamaan, pahala dan siksa kami permudah dan kami perlunak
rawi-rawinya.”
4. Ibnu Hajar Al Asqalany: ” Membolehkan berhujjah dengan hadits dhoif untuk fadla’ilul amal dalam 3 syarat, yaitu:
a. Syarat yang pertama : Hadits dhoif itu tidak dilebih-lebihkan. Oleh karena itu, untuk hadits-hadits dhoif yang disebabkan rawinya pendusta, tertuduh dusta, dan banyak salah, tidak dapat dibuat hujjah kendatipun untuk fadla’ilul amal.
b. Syarat yang kedua : Dasar amal yang ditunjuk oleh hadits dhoif tersebut, masih dibawah satu dasar yang dibenarkan oleh hadits yang dapat diamalkan (shahih dan hasan)
c. Syarat yang ketiga : Dalam mengamalkannya tidak mengitikadkan atau menekankan bahwa hadits tersebut benar-benar bersumber kepada nabi, tetapi tujuan mengamalkannya hanya semata mata untuk ikhtiyath (hati-hati) belaka.
a. Syarat yang pertama : Hadits dhoif itu tidak dilebih-lebihkan. Oleh karena itu, untuk hadits-hadits dhoif yang disebabkan rawinya pendusta, tertuduh dusta, dan banyak salah, tidak dapat dibuat hujjah kendatipun untuk fadla’ilul amal.
b. Syarat yang kedua : Dasar amal yang ditunjuk oleh hadits dhoif tersebut, masih dibawah satu dasar yang dibenarkan oleh hadits yang dapat diamalkan (shahih dan hasan)
c. Syarat yang ketiga : Dalam mengamalkannya tidak mengitikadkan atau menekankan bahwa hadits tersebut benar-benar bersumber kepada nabi, tetapi tujuan mengamalkannya hanya semata mata untuk ikhtiyath (hati-hati) belaka.
5. Pendapat Imam An-Nawawi Di-Syarah Arbain :
Jumhur Ulama telah sepakat membolehkan mengamalkan Hadits Dhaif Untuk
Keutamaan-Keutamaan Amal(fadhailul-A’mal)
Untuk mengkritisi kenapa
tayangan “Hadits-Hadits Palsu” RCTI itu tidak obyektif salah satu
buktinya adalah ketika narator menjelaskan tentang, “Beramallah untuk
duniamu seolah-olah Anda akan hidup selama-lamanya! Dan beramallah untuk
akhiratmu seolah-olah Anda akan meninggal dunia esok hari!” itu adalah
sebuah maqolah dan bukan hadits.
Padahal salah satu ulama kondang
WAHABI membahas tentang hadits dimaksud dengan menyatakan DHO’IF (lemah)
bukan MAUDHU’ (palsu), sebagaimana penjelasan albani berikut ini:
” اعمل لدنياك كأنك تعيش أبدا , و اعمل لآخرتك كأنك تموت غدا ” .
قال
الألباني في سلسلة الأحاديث الضعيفة ( 1 / 63 ) : لا أصل له مرفوعا . و إن
اشتهر على الألسنة في الأزمنة المتأخرة حتى إن الشيخ عبد الكريم العامري
الغزي لم يورده في كتابه ” الجد الحثيث في بيان ما ليس بحديث ” .
و قد وجدت له أصلا موقوفا , رواه ابن قتيبة في ” غريب الحديث ” ( 1 / 46 / 2 )
حدثني السجستاني حدثنا الأصمعي عن حماد بن سلمة عن عبيد الله بن العيزار عن عبد الله بن عمروأنه قال : فذكره موقوفا عليه إلا أنه قال : ” احرث لدنياك ” إلخ . و عبيد الله بن العيزار لم أجد من ترجمه .
حدثني السجستاني حدثنا الأصمعي عن حماد بن سلمة عن عبيد الله بن العيزار عن عبد الله بن عمروأنه قال : فذكره موقوفا عليه إلا أنه قال : ” احرث لدنياك ” إلخ . و عبيد الله بن العيزار لم أجد من ترجمه .
ثم وقفت عليها في “تاريخ البخاري ” ( 3 / 394 ) و ” الجرح و التعديل ” ( 2 / 2
/ 330 ) بدلالة بعض أفاضل المكيين نقلا عن تعليق للعلامة الشيخ عبد الرحمن
المعلمي اليماني رحمه الله تعالى و فيها يتبين أن الرجل وثقه يحيي بن سعيد القطان و أنه يروي عن الحسن البصري و غيره من التابعين فالإسناد منقطع .
و يؤكده أنني رأيت الحديث في ” زوائد مسند الحارث ” للهيثمي ( ق 130 / 2 ) من طريق أخرى عن ابن العيزار قال : لقيت شيخا بالرمل من الأعراب كبيرا فقلت : لقيت أحدا من أصحاب رسول الله صلى الله عليه وسلم ? فقال : نعم , فقلت : من ? فقال : عبد الله بن عمرو بن العاص ….
/ 330 ) بدلالة بعض أفاضل المكيين نقلا عن تعليق للعلامة الشيخ عبد الرحمن
المعلمي اليماني رحمه الله تعالى و فيها يتبين أن الرجل وثقه يحيي بن سعيد القطان و أنه يروي عن الحسن البصري و غيره من التابعين فالإسناد منقطع .
و يؤكده أنني رأيت الحديث في ” زوائد مسند الحارث ” للهيثمي ( ق 130 / 2 ) من طريق أخرى عن ابن العيزار قال : لقيت شيخا بالرمل من الأعراب كبيرا فقلت : لقيت أحدا من أصحاب رسول الله صلى الله عليه وسلم ? فقال : نعم , فقلت : من ? فقال : عبد الله بن عمرو بن العاص ….
ثم رأيت ابن حبان
قد أورده في ” ثقات أتباع التابعين ” ( 7 / 148 ) . و رواه ابن المبارك في ”
الزهد ” من طريق آخر فقال ( 218 / 2 ) : أنبأنا محمد ابن عجلان عبد الله
بن عمرو بن العاص قال : فذكره موقوفا , و هذا منقطع و قد روي مرفوعا ,
أخرجه البيهقي في سننه ( 3 / 19 ) من طريق أبي صالح حدثنا الليث عن ابن
عجلان عن مولى لعمر بن عبد العزيز عن عبد الله بن عمرو بن العاص عن رسول
الله صلى الله عليه وسلم أنه قال : فذكره في تمام حديث أوله : ” إن هذا
الدين متين فأوغل فيه برفق , و لا تبغض إلى نفسك عبادة ربك , فإن المنبت لا
سفرا قطع و لا ظهرا أبقى , فاعمل عمل امريء يظن أن لن يموت أبدا , و احذر
حذر ( امريء ) يخشى أن يموت غدا ” .
و هذا سند ضعيف و له علتان جهالة
مولى عمر بن عبد العزيز و ضعف أبي صالح و هو عبد الله بن صالح كاتب الليث
كما تقدم في الحديث ( 6 ) . ثم إن هذا السياق ليس نصا في أن العمل المذكور
فيه هو العمل للدنيا , بل الظاهر منه أنه يعني العمل للآخرة , و الغرض منه
الحض على الاستمرار برفق في العمل الصالح و عدم الانقطاع عنه , فهو كقوله
صلى الله عليه وسلم : ” أحب الأعمال إلى الله أدومها و إن قل ” متفق عليه
والله أعلم .
هذا و النصف الأول من حديث ابن عمرو رواه البزار [ 1 /
57 / 74 ـ كشف الأستار] من حديث جابر , قال الهيثمي في ” مجمع الزوائد ” ( 1
/ 62 ) : و فيه يحيى بن المتوكل أبو عقيل و هو كذاب . قلت : و من طريقه
رواه أبو الشيخ ابن حيان في كتابه ” الأمثال ” ( رقم 229 ) .
لكن
يغني عنه قوله صلى الله عليه وسلم : ” إن هذا الدين يسر , و لن يشاد هذا
الدين أحد إلا غلبه , فسددوا و قاربوا و أبشروا … ” أخرجه البخاري في صحيحه
من حديث أبي هريرة مرفوعا.
_________________________________________
اِعْمَلْ لِدُنْيَاكَ كَأَنَّكَ تَعِيْشُ أَبَدًا، وَاعْمَلْ لِآخِرَتِكَ كَأَنَّكَ تَمُوْتُ غَدًا
“Beramallah
untuk duniamu seolah-olah Anda akan hidup selama-lamanya! Dan
beramallah untuk akhiratmu seolah-olah Anda akan meninggal dunia esok
hari!”
Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani berkata dalam
kitabnya “Silsilah al-Ahadits adh-Dha’ifah wal Maudhu’ah” jilid pertama
halaman 63-65, hadits nomor 8 :
Riwayat Hadits ini secara marfu’
tidak ada asal-usulnya, walaupun hadits ini sangat terkenal di kalangan
kaum muslimin terlebih pada zaman terakhir saat ini, sampai-sampai
Syaikh Abdul Karim al-Amiri al-Ghazzi tidak mencantumkan hadits ini
dalam kitabnya“al-Jadd al-Hatsits fii Bayaani Maa Laisa Bihadits”.
Saya
telah menemukan asal hadits ini secara mauquf. Ibnu Qutaibah
meriwayatkan hadits ini dalam kitabnya “Gharibul Hadits” (1/46/2) :
“as-Sijistani telah menceritakan sebuah hadits kepadaku, al-Asmu’i telah
menceritakan sebuah hadits kepada kami, dari Hammad bin Salamah dari
Ubaidillah bin al-‘Iizar dari Abdullah bin ‘Amru, sesungguhnya ia telah
berkata : ..(kemudian ia menyebutkan hadits ini secara mauquf sampai
kepada Abdullah bin ‘Amru, hanya saja lafadz hadits ini berbunyi,
“Tanamlah untuk duniamu…..hingga akhir hadits.)
Adapun Ubaidillah bin al-‘Iizar, maka saya belum mendapatkan biografinya.
Kemudian
saya mendapatkan biografinya dalam kitab “Tarikh al-Bukhari” (3/394)
dan dalam kitab “al-Jarh wat Ta’dil” (2/330) atas petunjuk beberapa
orang ahli ilmu yang tinggal di Mekkah. Mereka menukil komentar
al-‘Allamah Syaikh Abdurrahman al-Mu’allimi al-Yamani rahimahullah.
Ternyata orang ini (Ubaidillah bin al-‘Iizar) dianggap tsiqah oleh Yahya
bin Said al-Qaththan, dan ia meriwayatkan hadits dari al-Hasan
al-Bashri dan ulama lainnya dari kalangan tabi’in. Dengan demikian maka
sanad hadits ini munqathi’ (terputus).
Hal ini diperkuat lagi
ketika saya menemukan hadits ini dalam kitab “Zawaid Musnad al-Harits”
karya al-Haitsami (Qaf 130/2) dari jalur sanad yang lain dari Ahmad
Ubaidillah Zenh) bin al-‘Iizar, ia berkata, “Saya pernah bertemu dengan
seorang syaikh yang sudah tua dari kalangan orang arab badui di suatu
tempat yang bernama ar-Raml. Aku bertanya kepadanya, “Apakah Anda pernah
bertemu dengan salah seorang sahabat Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi
wasallam?” Ia menjawab, “Ya.” Aku bertanya lagi, “Siapa?” Ia menjawab,
“Abdullah bin ‘Amru bin al-Ash…”
Kemudian saya mendapati bahwa
Ibnu Hibban telah menyebutkan nama Ubaidillah bin al-‘Iizar dalam
kelompok “Tsiqat Atba’ut Tabi’in” (7/148).
Ibnul Mubarak juga
meriwayatkan hadits ini dalam kitab “az-Zuhd” dari jalur sanad yang
lain. Beliau (Ibnul Mubarak) berkata (2/218), “Muhammad bin ‘Ajlan telah
mengabarkan kepada kami bahwa Abdullah bin ‘Amru bin al-Ash berkata,
“….(kemudian beliau menyebutkan hadits ini secara mauquf). Maka sanad
hadits ini pun munqathi’ (terputus).
Hadits ini juga diriwayatkan
secara marfu. Al-Baihaqi mentakhrij hadits ini dalam kitab “Sunan
al-Baihaqi” (3/19) dari jalur sanad Abu Shalih, ia berkata, “al-Laits
telah menceritakan suatu hadits kepada kami dari Ibnu ‘Ajlan dari
seorang maula (budak yang telah dimerdekakan) Umar bin Abdul Aziz dari
Abdullah bin ‘Amru bin al-‘Ash dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi
wasallam, bahwa sesungguhnya beliau pernah bersabda, “…” (kemudian dia
menyebutkan hadits ini dengan redaksi yang lebih sempurna. Bunyi awal
hadits ini :
إن هذا الدين متين فأوغل فيه برفق ، و لا تبغض إلى نفسك
عبادة ربك ، فإن المنبت لا سفرا قطع و لا ظهرا أبقى ، فاعمل عمل امريء يظن
أن لن يموت أبدا ، و احذر حذر ( امريء ) يخشى أن يموت غدا
“Sesungguhnya
agama Islam ini adalah agama yang kokoh dan kuat, maka masuklah ke
dalamnya dengan kelemahlembutan. Dan janganlah Anda menbenci untuk diri
Anda ibadah kepada Allah. Karena sesungguhnya orang yang kekelahan, ia
tidak dapat menempuh perjalanan dan tidak pula meninggalkan punggung
hewan tunggangannya. Maka beramallah seperti amalnya seseorang yang
meyakini bahwa ia tidak akan meninggal dunia untuk selamanya! Dan
berhati-hatilah seperti kehati-hatiannya seseorang yang khawatir akan
meninggal dunia esok hari.”
Sanad hadits ini juga dha’if (lemah)
karena di dalam sanadnya terdapat dua ‘illat (sebab yang dapat
melemahkan hadits). (Pertama) kemajhulan maula (budak yang telah
dimerdekakan) Umar bin Abdul Aziz dan (ke dua) kelemahan Abu Shalih yang
nama lengkapnya adalah Abdullah bin Shalih juru tulis al-Laits.
Kemudian,
redaksi hadits di atas tidak menjadi nash yang menunjukkan bahwa amal
yang dimaksud dalam hadits tersebut adalah amal untuk dunia, bahkan
sebaliknya, dhahir hadits ini menunjukkan bahwa yang dimaksud adalah
amal untuk akhirat. Tujuan dari hadits ini adalah anjuran untuk
senantiasa konsisten dalam beramal shalih secara bertahap sedikit demi
sedikit tanpa terputus. Makna hadits ini sesuai dengan Sabda Nabi
shallallahu ‘alaihi wasallam, “Amal yang paling dicintai Allah adalah
amalan yang paling konsisten dilakukan secara terus-menerus tanpa
terputus meskipun amal itu sedikit.” Wallahu a’lam.
Bagian pertama
dari hadits (Abdullah) Ibnu ‘Amru diriwayatkan oleh al-Bazzar (1/57/74 –
Kasyful Astar) dari hadits Jabir. Al-Haitsami berkata dalam kitab
“Majma az-Zawa’id” (1/62), “Dalam sanad hadits ini terdapat seorang rawi
yang bernama Yahya bin al-Mutawakkil Abu ‘Uqail. Dia adalah seorang
pendusta.”
Aku (al-Albani) berkata, “Hadits dengan sanad ini
diriwayatkan pula oleh Abu asy-Syaikh dalam kitabnya “al-Amtsal” (nomor
229). Akan tetapi hadits (shahih) berikut ini telah cukup (untuk kita
pegang daripada hadits di atas), yaitu sabda beliau shallallahu ‘alaihi
wasallam,
إن هذا الدين يسر ، ولن يشاد هذا الدين أحد إلا غلبه ، فسددوا وقاربوا وأبشروا ….
“Sesungguhnya
agama (Islam) ini mudah. Dan tidaklah seseorang mempersulit agama ini
dengan cara memaksakan dirinya untuk melakukan ibadah-ibadah yang tidak
sanggup ia lakukan, melainkan agama ini akan mengembalikannya ke jalan
kemudahan dan pertengahan. Maka hendaklah kalian beramal secara
proporsional (pertengahan) dan berusahalah menyempurnakan amal ibadah
secara optimal dan berikanlah kabar gembira…
Hadits ini diriwayatkan oleh al-Bukhari dalam kitab Shahih-nya dari hadits Abu Hurairah secara marfu’. (terjemahan link diatas)
Maka
wajar bila publik beranggapan bahwa ada “sesuatu” yang menunggangi
tayangan “Hadits-Hadits Palsu” RCTI, sehingga memberi kesan tendensius,
subjektif dan memojokkan salah satu kelompok yang mengamalkan hadits
dho’if untuk semangat beribadah dan amal shaleh. Dan “sesuatu itu ialah
“Wahabi”.
Mengapa “wahabi”? Publik punya penilaian sendiri. Selama
ini dakwah yang dilontarkan oleh para penganut aliran “wahabi”-lah yang
sering melemparkan panah-panah beracun terhadap amaliyah yang sedari
dahulu telah dijalankan umat islam pada umumnya “Panah-panah” semacam
“syirik, kufur, bid’ah, dho’if” bertebaran di situs-situs yang mengusung
paham wahabi. Dan panah itu justru tanpa rasa intoleran menacap di ulu
hati para pengamal “Fadhoil al-A’mal” dan semisalnya.
Terlepas
dari “sesuatu” bernama wahabi di balik tayangan “Hadits-Hadits Palsu”,
maka sewajarnya suatu tayangan agama lebih berimbang dalam menyajikan
suatu opini. Sehingga tayangan agama tersebut benar-benar memberi
pencerahan terhadap umat, dan bukan keresahan serta pendangkalan materi.
Gitu aja koq repot! Wallahu a’lam bish-Shawab dan semoga bermanfa’at.
Aamiin
(Oleh: KH. Ibnu Mas’ud, Anggota Laskar Tim Sarkub)
Sumber: sarkub