Anomali Hadis Abu Hurairah
Abu Hurairah memang pernah menjadi sosok yang kontroversial tetapi kami pribadi masih tetap memakai hadis-hadisnya selagi hadis Abu Hurairah tersebut tidak bermasalah, tidak bertentangan dengan Al Qur’an, Ahlul Bait dan hadis-hadis shahih. Walaupun begitu kami tidak menafikan kalau ditemukan beberapa hadisnya yang bisa dibilang “anomaly”, silakan ikuti pembahasan ini dan nilailah sendiri
حَدَّثَنَا عُمَرُ بْنُ حَفْصٍ حَدَّثَنَا أَبِي حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ حَدَّثَنَا أَبُو صَالِحٍ قَالَ حَدَّثَنِي أَبُو هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَفْضَلُ الصَّدَقَةِ مَا تَرَكَ غِنًى وَالْيَدُ الْعُلْيَا خَيْرٌ مِنْ الْيَدِ السُّفْلَى وَابْدَأْ بِمَنْ تَعُولُ تَقُولُ الْمَرْأَةُ إِمَّا أَنْ تُطْعِمَنِي وَإِمَّا أَنْ تُطَلِّقَنِي وَيَقُولُ الْعَبْدُ أَطْعِمْنِي وَاسْتَعْمِلْنِي وَيَقُولُ الِابْنُ أَطْعِمْنِي إِلَى مَنْ تَدَعُنِي فَقَالُوا يَا أَبَا هُرَيْرَةَ سَمِعْتَ هَذَا مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا هَذَا مِنْ كِيسِ أَبِي هُرَيْرَةَ
Telah menceritakan kepada kami ‘Umar bin Hafsh yang berkata telah menceritakan kepada kami ayahku yang berkata telah menceritakan kepada kami Al A’masy yang berkata telah menceritakan kepada kami Abu Shalih yang berkata telah menceritakan kepadaku Abu Hurairah radiallahu ‘anhu yang berkata Nabi [shallallahu ‘alaihi wasallam] berkata “sedekah yang paling utama adalah sedekah yang meninggalkan pelakunya dalam kecukupan, tangan yang di atas lebih baik daripada tangan yang dibawah dan mulailah dari orang yang menjadi tanggunganmu, seorang istri akan berkata “kamu memberiku makan atau kamu menceraikanku” dan seorang budak akan berkata “berilah aku makan dan perintahkan aku untuk bekerja” dan seorang anak akan berkata “berilah aku makan, kepada siapa engkau akan meninggalkanku”. Mereka berkata “wahai Abu Hurairah apakah engkau mendengar hal ini dari Rasulullah [shallallahu ‘alaihi wasallam]?. Abu Hurairah berkata “tidak, hal ini berasal dari Abu Hurairah” [Shahih Bukhari 7/63 no 5355]
Pada bagian awal hadis di atas jelas-jelas Abu Hurairah meriwayatkan hadis dari Nabi [shallallahu ‘alaihi wasallam] tetapi pada bagian akhir ketika ditanya apakah ia mendengar hadis itu dari Nabi [shallallahu ‘alaihi wasallam]?. Abu Hurairah mengatakan tidak dan itu dari dirinya sendiri. Sebagian pengikut Syiah menjadikan hadis ini sebagai bukti kalau Abu Hurairah berdusta atas nama Nabi [shallallahu ‘alaihi wasallam]
Bukan salafy namanya kalau berdiam diri terhadap Syiah. Salafy membantah Syiah dan menunjukkan bahwa yang dimaksud dengan perkataan Abu Hurairah “tidak dan hal ini berasal dari Abu Hurairah” bukan tertuju pada semua hadisnya tetapi tertuju pada sebagian lafaz hadis tersebut.
أخبرناه أبو عمرو محمد بن عبد الله الأديب أنا أبو بكر الإسماعيلي أخبرني الحسن هو بن سفيان نا أبو بكر بن أبي شيبة نا أبو معاوية ح قال وأخبرني الحسن نا نصر بن علي نا أبو أسامة قالا نا الأعمش عن أبي صالح عن أبي هريرة رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم إن أفضل الصدقة ما ترك غني واليد العليا خير من اليد السفلى وابدأ بمن تعول قال أبو هريرة رضي الله عنه تقول امرأتك أطعمني وإلا فطلقني ويقول خادمك أطعمني وإلا فبعني ويقول ولدك إلى من تكلني قالوا يا أبا هريرة هذا شيء تقوله من رأيك أو من قول رسول الله صلى الله عليه و سلم قال لا بل هذا من كيسي
Telah mengabarkan kepada kami Abu ‘Amru Muhammad bin ‘Abdullah Al Adiib yang berkata telah menceritakan kepada kami Abu Bakar Al Ismailiy yang berkata telah mengabarkan kepadaku Hasan dia bin Sufyan yang berkata telah menceritakan kepada kami Abu Bakar bin Abi Syaibah yang berkata telah menceritakan kepada kami Abu Muawiyah, dan telah mengabarkan kepadaku Hasan yang berkata telah menceritakan kepada kami Nashr bin Ali yang berkata telah menceritakan kepada kami Abu Usamah, keduanya [Abu Muawiyah dan Abu Usamah] berkata telah menceritakan kepada kami Al A’masy dari Abu Shalih dari Abu Hurairah radiallahu ‘anhu yang berkata Rasulullah [shallallahu ‘alaihi wasallam] bersabda sedekah yang paling utama adalah sedekah yang meninggalkan pelakunya dalam kecukupan, tangan yang di atas lebih baik daripada tangan yang dibawah dan mulailah dari orang yang menjadi tanggunganmu, Abu Hurairah berkata “istrimu akan berkata “berilah aku makan jika tidak ceraikanlah aku” dan pembantumu akan berkata “berilah aku makan jika tidak bebaskanlah aku” dan anakmu akan berkata “kepada siapa engkau akan meninggalkanku”. Mereka berkata kepada Abu Hurairah “apakah ini sesuatu yang dikatakan dari pendapatmu atau dari perkataan Rasulullah [shallallahu ‘alaihi wasallam]. Abu Hurairah berkata “tidak, tentu saja hal ini dari diriku” [Sunan Baihaqi 7/471 no 15489]
Jadi yang dimaksud dengan perkataan yang berasal dari Abu Hurairah atau pendapatnya dalam hadis Shahih Bukhari sebelumnya adalah pada lafaz
تَقُولُ الْمَرْأَةُ إِمَّا أَنْ تُطْعِمَنِي وَإِمَّا أَنْ تُطَلِّقَنِي وَيَقُولُ الْعَبْدُ أَطْعِمْنِي وَاسْتَعْمِلْنِي وَيَقُولُ الِابْنُ أَطْعِمْنِي إِلَى مَنْ تَدَعُنِي
seorang istri akan berkata “kamu memberiku makan atau kamu menceraikanku” dan seorang budak akan berkata “berilah aku makan dan perintahkan aku untuk bekerja” dan seorang anak akan berkata “berilah aku makan, kepada siapa engkau akan meninggalkanku”
Seandainya kita berhenti disini maka jelas bahwa orang Syiah itu telah keliru menjadikan hadis tersebut sebagai bukti dustanya Abu Hurairah dan disini hujjah salafy memang kuat. Tetapi ada baiknya dilihat dulu hadis berikut
أخبرنا محمد بن عبد الله بن يزيد قال ثنا أبي قال ثنا سعيد قال حدثني بن عجلان عن زيد بن أسلم عن أبي صالح عن أبي هريرة عن النبي صلى الله عليه و سلم قال خير الصدقة ما كان عن ظهر غنى واليد العليا خير من اليد السفلى وابدأ بمن تعول فقيل من أعول يا رسول الله قال امرأتك ممن تعول تقول أطعمني وإلا فارقني خادمك يقول أطعمني واستعملني وولد يقول إلى من تتركني
Telah mengabarkan kepada kami Muhammad bin ‘Abdullah bin Yazid yang berkata telah menceritakan kepada kami ayahku yang berkata telah menceritakan kepada kami Sa’id yang berkata telah menceritakan kepadaku Ibnu ‘Ajlan dari Zaid bin Aslam dari Abu Shalih dari Abu Hurairah dari Nabi [shallallahu ‘alaihi wasallam] yang bersabda “sedekah yang paling baik adalah setelah kecukupan terpenuhi, tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah dan mulailah dari orang yang menjadi tanggunganmu, dikatakan “siapakah yang menjadi tanggungan itu wahai Rasulullah?. Rasulullah [shallallahu ‘alaihi wasallam] berkata “istrimu termasuk tanggunganmu, ia akan berkata “berilah aku makan jika tidak ceraikanlah aku, pembantumu akan berkata “berilah aku makan dan pekerjakan aku” dan anakmu akan berkata “kepada siapa engkau meninggalkanku” [Sunan Nasa’i 5/385 no 9211]
Hadis riwayat Nasa’i di atas sanadnya shahih para perawinya tsiqat. Dan matannya menunjukkan kalau lafaz akhir Abu Hurairah itu adalah perkataan Rasulullah [shallallahu ‘alaihi wasallam]
- Muhammad bin ‘Abdullah bin Yazid Al Qurasyiy adalah perawi Nasa’i dan Ibnu Majah yang tsiqat. Ibnu Abi Hatim berkata “shaduq tsiqat”. Abu Hatim berkata “shaduq”. Nasa’i berkata “tsiqat”. Al Khalili berkata “tsiqat muttafaq alaih”. Ibnu Hibban memasukkannya dalam Ats Tsiqat. Maslamah bin Qasim berkata “tsiqat” [At Tahdzib juz 9 no 467]. Ibnu Hajar berkata “tsiqat” [At Taqrib 2/100]
- ‘Abdullah bin Yazid Al Qurasyiy adalah perawi kutubus sittah yang tsiqat. Abu Hatim berkata “shaduq”. Nasa’i berkata tsiqat, Al Khalili menyatakan tsiqat. Ibnu Sa’ad berkata “tsiqat banyak meriwayatkan hadis”. Ibnu Hibban memasukkannya dalam Ats Tsiqat. Ibnu Qani’ berkata “tsiqat” [At Tahdzib juz 6 no 166]. Ibnu Hajar berkata “tsiqat memiliki keutamaan” [At Taqrib 1/548]
- Sa’id bin Abi Ayub adalah perawi kutubus sittah yang tsiqat. Ahmad berkata “tidak ada masalah padanya”. Ibnu Ma’in dan Nasa’i berkata “tsiqat”. Ibnu Sa’ad berkata “tsiqat tsabit”. Ibnu Hibban memasukkannya dalam Ats Tsiqat. As Saji berkata “shaduq” [At Tahdzib juz 4 no 9]. Ibnu Hajar berkata “tsiqat tsabit” [At Taqrib 1/349]
- Muhammad bin ‘Ajlan adalah perawi Bukhari dalam Ta’liq, Muslim dan Ashabus Sunan. Ahmad bin Hanbal menyatakan tsiqat. Ibnu Uyainah menyatakan tsiqat. Ibnu Ma’in berkata “tsiqat”. Dikatakan ia mengalami ikhtilath dalam hadis-hadisnya dari Sa’id Al Maqburi. Yaqub bin Syaibah menyatakan shaduq. Abu Zur’ah menyatakan ia termasuk orang yang tsiqat. Abu Hatim dan Nasa’i berkata “tsiqat”. Ibnu Hibban memasukkannya dalam Ats Tsiqat. Al Ijli berkata “orang madinah yang tsiqat”. As Saji berkata “ia termasuk orang yang shaduq”. Al Uqaili berkata “idhthirab hadisnya dari Nafi” [At Tahdzib juz 9 no 566]. Ibnu Hajar berkata “shaduq kecuali mengalami ikhtilath untuk hadis-hadis Abu Hurairah [ At Taqrib 2/112]. Sufyan berkata “ tsiqat ma’mun ‘alim dalam hadis” [Ma’rifat Wal Tarikh 1/698]. Pendapat yang rajih ia seorang yang tsiqat dan ikhtilath hadis Abu Hurairah yang dimaksud adalah hadisnya dari Sa’id Al Maqburi.
- Zaid bin Aslam adalah perawi kutubus sittah yang tsiqat. Ahmad, Abu Zur’ah, Abu Hatim, Ibnu Sa’ad, Nasa’i dan Ibnu Khirasy menyatakan tsiqat. Yaqub bin Syaibah menyatakan tsiqat termasuk orang yang faqih dan alim, alim dalam tafsir Qur’an. Ibnu Hibban memasukkannya dalam Ats Tsiqat [At Tahdzib juz 3 no 728]. Ibnu Hajar menyatakan ia tsiqat [At Taqrib 1/326]
- Abu Shalih As Saman atau Dzakwan adalah perawi kutubus sittah yang tsiqat. Ahmad dan Ibnu Ma’in menyatakan tsiqat. Abu Hatim berkata “tsiqat hadisnya baik dijadikan hujjah hadisnya”. Abu Zur’ah berkata “tsiqat hadisnya lurus”. Ibnu Sa’ad berkata “tsiqat banyak meriwayatkan hadis”. As Saji berkata “tsiqat shaduq”. Ibnu Hibban memasukkannya dalam Ats Tsiqat. Al Ijli berkata “tsiqat” [At Tahdzib juz 3 no 417]. Ibnu Hajar berkata “tsiqat tsabit” [At Taqrib 1/287]
Zaid bin Aslam dalam periwayatannya dari Abu Shalih memiliki mutaba’ah yaitu dari Ashim bin Bahdalah sebagaimana yang disebutkan Daruquthni berikut
نا أبو بكر الشافعي نا محمد بن بشر بن مطر نا شيبان بن فروخ نا حماد بن سلمة عن عاصم عن أبي صالح عن أبي هريرة أن النبي صلى الله عليه و سلم قال المرأة تقول لزوجها أطعمني أو طلقني ويقول عبده أطعمني واستعملني ويقول ولده إلى من تكلنا
Telah menceritakan kepada kami Abu Bakar Asy Syafi’i yang berkata telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Bisyr bin Mathar yang berkata telah menceritakan kepada kami Syaiban bin Farukh yang berkata telah menceritakan kepada kami Hammad bin Salamah dari ‘Ashim dari Abi Shalih dari Abu Hurairah bahwa Nabi [shallallahu ‘alaihi wasallam] bersabda “seorang istri berkata kepada suaminya “berilah aku makan atau ceraikanlah aku” dan seorang hamba berkata “berilah aku makan dan suruhlah aku bekerja” dan seorang anak berkata “kepada siapa engkau meninggalkanku” [Sunan Daruquthni 3/297 no 191]
Hadis ini sanadnya hasan, para perawinya tsiqat dan Ashim bin Bahdalah termasuk perawi tsiqat yang hadisnya hasan.
- Abu Bakar Asy Syafi’i adalah Muhammad bin ‘Abdullah bin Ibrahim seorang Imam muhaddis mutqin hujjah faqih musnad Irak. Al Khatib berkata “tsiqat tsabit banyak meriwayatkan hadis”. Daruquthni berkata “tsiqat ma’mun” [As Siyar 16/40-42 no 27].
- Muhammad bin Bisyr bin Mathar adalah Abu Bakar Al Warraaq. Ibrahim Al Harbiy berkata “shaduq tidak berdusta”. Ali bin Umar Al Hafizh berkata “Muhammad bin Bisyr bin Mathar tsiqat” [Tarikh Baghdad 2/441 no 431]
- Syaiban bin Faruukh adalah perawi Muslim, Abu Dawud dan Nasa’i. Ahmad bin Hanbal menyatakan tsiqat. Abu Zur’ah berkata “shaduq”. Abdan Al Ahwaziy berkata “Syaiban lebih tsabit di sisi mereka daripada Hudbah”. Ibnu Qani’ berkata “shalih”. Maslamah berkata “tsiqat” dan As Saji berkata “shaduq” [At Tahdzib juz 4 no 639]
- Hammad bin Salamah adalah perawi Bukhari dalam Ta’liq, Muslim dan Ashabus Sunan. Ahmad bin Hanbal menyatakan tsiqat. Ibnu Ma’in menyatakan tsiqat. Ibnu Madini berkata “tidak ada diantara orang-orang tsabit, orang yang lebih tsabit dari Hammad bin Salamah”. As Saji berkata “hafizh tsiqat ma’mun”. Ibnu Sa’ad menyatakan ia tsiqat. Al Ijli berkata “tsiqat orang yang shalih dan hadisnya hasan” [At Tahdzib juz 3 no 14]
- Ashim bin Bahdalah adalah perawi kutubus sittah yang tsiqat. Syu’bah meriwayatkan darinya yang berarti ia tsiqat di sisi Syu’bah. Ibnu Sa’ad berkata “tsiqat tetapi banyak melakukan kesalahan dalam hadis”. Ahmad menyatakan ia shalih tsiqat. Ibnu Ma’in berkata “tidak ada masalah padanya”. Al Ijli berkata “tsiqat”. Yaqub bin Sufyan berkata “dalam hadisnya ada idhthirab dan dia seorang yang tsiqat”. Abu Hatim menyatakan shalih. Abu Zur’ah menyatakan tsiqat. Nasa’i berkata “tidak ada masalah padanya”. Ibnu Hibban dan Ibnu Syahin memasukkannya dalam Ats Tsiqat. Daruquthni berkata “dalam hafalannya ada sesuatu”. Ibnu Hajar menyatakan ia shaduq dan pernah salah kemudian dikoreksi dalam Tahrir At Taqrib kalau Ashim bin Bahdalah seorang yang tsiqat pernah salah dan ia hasanul hadits [Tahrir At Taqrib 3054]. Adz Dzahabi memasukkannya dalam Man Tukullima Fiihi Wa Huwa Muwatstsaq no 171 dan menyatakan ia shaduq hasanul hadis.
Kedua hadis di atas [riwayat Nasa’i dan Daruquthni] menjadi bukti bahwa Abu Hurairah juga menisbatkan perkataan atau lafaz akhir hadis Shahih Bukhari sebelumnya sebagai perkataan Nabi [shallallahu ‘alaihi wasallam]. Tentu saja fakta ini justru memberatkan hujjah salafy. Jika dirincikan maka duduk persoalannya sebagai berikut
- Abu Hurairah meriwayatkan hadis Nabi [shallallahu ‘alaihi wasallam], dimana dalam salah satu riwayat Abu Hurairah menambahkan lafaz perkataannya sendiri dimana ia berkata bahwa ia tidak mendengarnya dari Nabi [shallallahu ‘alaihi wasallam] melainkan itu dari dirinya sendiri
- Abu Hurairah meriwayatkan hadis Nabi [shallallahu ‘alaihi wasallam] yang sama tetapi dalam riwayat tersebut Abu Hurairah justru menisbatkan perkataan yang sebelumnya ia katakan dari dirinya sendiri sebagai perkataan Nabi [shallallahu ‘alaihi wasallam]
Dari kedua fakta di atas maka dapat disimpulkan bahwa Abu Hurairah mencampuradukkan antara perkataannya dengan perkataan Nabi [shallallahu ‘alaihi wasallam]. Jika ini dilakukan dengan kesengajaan maka benarlah orang Syiah itu bahwa Abu Hurairah terbukti berdusta tetapi jika kita mau berprasangka baik maka mungkin saja hal ini disebabkan hafalan Abu Hurairah yang berubah mungkin karena faktor usia [ikhtilath] sehingga ia tidak bisa membedakan mana perkataannya dan mana perkataan Nabi [shallallahu ‘alaihi wasallam]. Kemungkinan lain adalah seperti yang ditunjukkan sebagian ulama, demi membela Abu Hurairah mereka menyatakan bahwa riwayat Daruquthni dan Nasa’i di atas adalah waham [keliru]. Tentu saja pembelaan ini lemah karena kedua riwayat tersebut sanadnya shahih dan hasan, keduanya saling menguatkan sehingga status hadis tersebut shahih.
sumber: http://secondprince.wordpress.com/2011/07/08/apakah-abu-hurairah-berdusta-anomali-hadis-abu-hurairah/