Orang-orang
wahabi salafi mengaku bahwa banyak para ulama dunia yang memuji dakwah
syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab, benarkah hal itu ? siapa saja kah para
ulama yang telah memuji Muhammad bin Abdul Wahhab ?
Ternyata ulama-ulama yang mereka klaim sebagai Ulama dunia tidak ada lain hanya berputar dari kalangan keluarga dan murid-murdi Muhammad bin Abdul Wahhab saja. Bahkan mereka berani berdusta atas nama ulama Ahlus sunnah waljama’ah di antaranya imam Ash-Shon’aani padahal beliau mencela Muhammad bin Abdul wahhab Juga
Demi mendapat dukungan dari umat dan menutup-nutupi sejarah kelam
Muhammad bin Abdul wahhab serta kesesatan dakwahnya, maka para pentaqlid
butanya membuat sebuah judul “ Para ulama dunia memuji dakwah syaikh
Muhammad bin Abdul Wahhab “, mereka mnyebutkan nama-nama para ulama yang
memuji Muhammad bin Abdul Wahhab.
Nah siapakah sebenarnya para ulama tsb yang mereka klaim Ulama dunia
yang telah memuji-muji dakwah Muhammad bin Abdul Wahhab ? Tidak lain
pembela-pembela Muhammad bin Abdul Wahhab, hanya berputar dari kalangan
anak-anaknya, cucunya, murdi dan kerabatnya saja. Simak penjelasan
berikut ini..!
Wahhabi Salafi berkata “ Di antara para ulama yang membela dan memuji dakwah Muhammad bin Abdul Wahhab adalah :
1. Ahmad bin Mani’ .
Bantahan : Siapakah Ahmad bin Mani’ ? tidak ada lain nama lengkapnya
adalah Ahmad bin Mani’ bin Ibrahim bin mani’. Dia adalah salah satu
murid Muhammad bin Abdul wahhab wafat tahun 1186 H. Lihat profilnya
dalam kitab Ulama Najd juz 1 halaman 504.
2. Muhammad bin Ghoihab dan Muhammad bin ‘Idan yang telah mengarang
sebuah risalah / buku kecil yang ditujukan kpd syaikh Abdullah Al-Muis
(aswaja) menasehati agar kembali kpd ajaran Tauhid Muhamamd bin Abdul
Wahhab.
Bantahan : Muhammad bin Ghoihab adalah murid Muhammad bin Abdul Wahhab demikian juga Muhammad bin ‘idan.
Dan kita tanyakan kpd mereka “ Apa judul risalah tsb dan di mana keberadaan risalah tsb ?”
Dan kita tanyakan kpd mereka “ Apa judul risalah tsb dan di mana keberadaan risalah tsb ?”
3. Hamd bin Mu’ammar dan Abdullah bin Muhammad bin Abdul Wahhab, kedua
ulama tsb telah mengarang sebuah kitab “ At-Taudhiih ‘an Tauhidil
khollaq fii jawabi ahlil Iraq “.
Bantahan : Hamd bin Mu’ammar adalah murid Muhammad bin Adbul wahhab. Dan Abdullah adalah putra Muhammad bin Abdul wahhab.
4. Al-Allamah syaikh Husain bin ghonnam Al-Ihsaai pengarang kitab tarikh Najd. Seorg ahli ilmu Nahwu dan arudh.
Bantahan : Dia telah menjdi murid Muhammad bin Abdul wahhab, dan
tidaklah mengarang kitab tarikh Najd terkecuali menambah wawasan akan
kedzaliman dan sejarah kelam Muhammad bin Abdul wahhab.
Di antara isinya adalah di halaman 97, disebutkan bahwa Syaikh Husain
menukil dari sbagian risalah gurunya Muhammad bin Abdul Wahhab sbgai
berikut : “
Muhammad bin Abdul wahhab bercerita “ Sesungguhnya Utsman bin Mu’ammar adalah seorg hakim negeri Uyainah dia adlah musyrik dan kafir. Setelah orang-orang mengetahui kekufurannya, maka mereka berencana membunuhnya. Setelah selesai sholat jum’at. Dan kami membunuhnya di tempat sholatnya di dalam masjid bulan Rajab tahun 1163 H “.
Muhammad bin Abdul wahhab bercerita “ Sesungguhnya Utsman bin Mu’ammar adalah seorg hakim negeri Uyainah dia adlah musyrik dan kafir. Setelah orang-orang mengetahui kekufurannya, maka mereka berencana membunuhnya. Setelah selesai sholat jum’at. Dan kami membunuhnya di tempat sholatnya di dalam masjid bulan Rajab tahun 1163 H “.
Lihatlah Muhammad bin Abdul wahhab dengan bangga menceritakan
pembunuhannya terhadap Utsman bin Mu’ammar yg vonis kafir di dalam
masjdi rumah Allah Swt ??? dan dengan percaya diri, muridnya tsb
mnceritakan kembali dalam kitab Tarikh Najdnya.
5. Al-Allamah Hamd bin Nashir bin Utsman bin Mu’ammar, dia telah
mengarang banyak bantahan di angtaranya : Kitab “ An-Nubdzah
Asy-Syarifah An-Nafisah fi r Radd ‘alal quburiyyin “, At-Tuhfah
Al-Madaniyyah fil Aqidah As-Salafiyyah “..
Bantahan : Hamd ini adalah murid Muhammad bin Abdul wahhab dan kakeknya
yaitu Utsman bin Mu’ammar telah dibunuh oleh gurunya tsb yaitu setelah
selesai sholat jum’at dan masih berada dalam tempat sholatnya di masjid.
6. Abdullah bin Muhamad bin Abdul Wahhab.
Bantahan ; Dia adalah putra Muhamamd bin Abdul Wahhab, namanya sering
diulang-ulang penyebutannya dalam jajaran ulama yang memuji Muhammad bin
Abdul Wahhab. Dan dia telah menghalalkan darah dan harta dgn jalan
mencuri atau merampok kpd org yg tdk mengikuti paham ayahnya.
7. Syaikh Abdul Aziz bin Hamd.
Bantahan : Dia adalah cucu Muhammad bin Abdul wahhab.
8. Syaikh Abdullah bin Abdurrahman abu Bathin.
Bantahan ; Dia adalah salah satu murid Abdullah putra Muhammad bin Abdul wahhab.
9. Al-Allamah syaikh Abdurrahman bin Hasan Alus syaikh.
Bantahan ; dia adalah salah satu cicit muhamamd bin Abdul wahhab.
10. Syaikh Abdurahman bin Muhammad bin Mani’. Dia telah mengarang qosidah di dalam memuji Muhammad bin Abdul Wahhab.
Banthan : dia adalah salah satu murid dari cucu Muhammad bin Abdull wahhab yaitu Abdurrahman bin Hasan.
11. Al-Allamah syaikh Abdul Lathif bin Abdurrahman bin Hasan.
Bantahan : Dia putra dari cucu Muhamamd bin Abdul wahhab.
12. syaikh Abdul Aziz bin Hasan Al-Fadhli .
Bantahan ; Dia adalah salah satu murdi cucu Muhammad bin Abdul wahhab yaitu Abdurrahman bin hasan.
13. Syaikh Sholeh bin Muhammad Asy-Syatsri, yang telah mengarang kitab
abntahan kpd syaikh Ahmad Dahlan dengan judul “ Ta’yidul Malikil Mannan
fi Naqdhi dholalati Dahlan “.
Bantahan : dia adalah dia belajar kepada Abdurrahman bin hasan cucu dr Muhammad bin Abdul wahhab.
14. Al-Allamah syaikh Ishaq bin Abdurrahman bin hasan.
Bantahan : Dia adalah putra dari Abdurrahman bin Hasan cucu dari Muhammad bin Abdul wahhab.
Bantahan : Dia adalah putra dari Abdurrahman bin Hasan cucu dari Muhammad bin Abdul wahhab.
15. Al-Allamah syaikh Hamd bin Ali bin Muhamad bin Atiq.
Bantahan : Termasuk murid khusus yang selalu mengikuti majlis Abdurrahman bin hasan.
Bantahan : Termasuk murid khusus yang selalu mengikuti majlis Abdurrahman bin hasan.
16. Al-Allamah syaikh Husain bin Hasan bin Husain bin Ali bin Husain bin Muhammad bin Abdul wahhab.
Bantahan : Telah jelas dr keturunan Muhammad bin Abdul wahhab.
17. Al-Allamah syaikh Abdurrahman bin Abdul Lathif Aalus syaikh.
Bantahan : juga keturunan Muhammad bin Abdul wahhab.
18. Al-Allamah syaikh Ahmad bin Ibrahim bin Isa.
Bantahan : Murid dari salah satu murid cucu Muhammad bin Abdul wahhab yaitu Abu Bathin.
19. Al-Allamah syaikh Nashir bin su’ud asy-syuwaimi.
Bantahan : murdi dari cucu Muhammad bin Abdul wahhab yaitu Abdullah bin Abdul Lathif.
20. Wahbah Az-Zuaili Ad-Dimasyqi.
Bantahan : Beliau bukan pembela Muhammad bin Abdul wahhab. Justru beliau
adalah seorg asy’ari dan mencintai ilmu tasawwuf. Bahkan beliau memuji
kitab Burdah karya imam Bushiri.
21. Doktor Muhammad Ahmad Darniiqoh, telah mengarang kitab “ Syaikh Muhamamd bin Abdul wahhab Raaid ad-dakwah as-salafiyyah “.
Bantahan : Jika mereka mengklaim doctor Muhammad Ahmad adalah pembela
Muhammad bin Abdul wahhab, maka seharusnya mereka juga mau menerima
karya beliau yang berjudul “ A-th-Thoriqah An-Naqsyabandiyyah wa
‘alaamuha ‘. Buku mnjelaskan ajaran tariqat naqsyabandiyyah dan beliau
pun memuji tariqat ini.
22. Imam Ash-shon’aani al-Yamani.
Bantahan : Beliau memang awalnya sempat memuji dakwah Muhammad bin Abdul wahhab, shingga belaiu membuat syair pujian berikut :
سلام على نجد ومن حل في نجد : وإن كان تسليمي على البعد لا يجدي
Salamku untuk Najd dan siapa saja yang tinggal sana
Walaupun salamku dari kejauhan belum mencukupinya.
سلام على نجد ومن حل في نجد : وإن كان تسليمي على البعد لا يجدي
Salamku untuk Najd dan siapa saja yang tinggal sana
Walaupun salamku dari kejauhan belum mencukupinya.
Lama tak mendapat jawaban, hingga bebrapa orng dan ulama Najd mendatangi
beliau dan menceritakan hakekat ajaran Muhammad bin Abdul wahhab, maka
beliau meruju’ / mencabut kembali pujiannya itu. Padahal qosidah beliau
telah menyebar ke sluruh negri.
Akhirnya beliau mencabut pujianya itu dan membuat pujian tentang
ruju’nya beliau dr pujian kpd Muhammad bin Abdul wahhab. Dan membuat
syarahnya di dalam kitabnya “ Irsyadu Dzail albab ila haqiqati aqwal Ibn
Abdil Wahhab “.
Qosdidah ruju’ beliau sangat terkenal di kalangan santri Yaman, di antra bait ruju’ beliau adalah :
Qosdidah ruju’ beliau sangat terkenal di kalangan santri Yaman, di antra bait ruju’ beliau adalah :
رجعت عن القول الذي قلت في النجدي :::::: فقد صح لي فيه خلاف الذي عندي
ظننت به خيرا وقلت عسى عسى ::::::::: نجد ناصحا يهدي الأنام ويستهدي
فقد خاب فيه الظن لا خاب نصحنا ::::::::: وما كل ظن للحقائق لي مهدي
وقد جاءنا من أرضه الشيخ مربد :::::::::: فحقق من أحواله كل ما يبدي
وقد جاء من تأليفه برسائل :::::::::::::: يكفر أهل الأرض فيها على عمد
ولفق في تكفيرهم كل حجة :::::::::::::: تراها كبيت العنكبوت لمن يهدي
تجارى على إجرا دما كل مسلم ::::::::::::: مصل مزك لا يحول عن العهد
وقد جاءنا عن ربنا في ( براءة ) ::::::::::::: براءتهم عن كل كفر وعن جحد
وإخواننا سماهم الله فاستمع :::::::::::::: لقول الإله الواحد الصمد الفرد
وقد قال خير المرسلين نهيت عن ::::::::::::: فما باله لا ينتهي الرجل النجدي
وقال لهم : لا ما أقاموا الصلاة في ::::::::::::: أناس أتوا كل القبائح عن قصد
أبن لي ، أبن لي لم سفكت دماءهم ؟ :::::::: ولم ذا نهبت المال قصدا على عمد ؟
وقد عصموا هذا وهذا بقول لا :::::::::::::: إله سوى الله المهيمن ذي المجد
ظننت به خيرا وقلت عسى عسى ::::::::: نجد ناصحا يهدي الأنام ويستهدي
فقد خاب فيه الظن لا خاب نصحنا ::::::::: وما كل ظن للحقائق لي مهدي
وقد جاءنا من أرضه الشيخ مربد :::::::::: فحقق من أحواله كل ما يبدي
وقد جاء من تأليفه برسائل :::::::::::::: يكفر أهل الأرض فيها على عمد
ولفق في تكفيرهم كل حجة :::::::::::::: تراها كبيت العنكبوت لمن يهدي
تجارى على إجرا دما كل مسلم ::::::::::::: مصل مزك لا يحول عن العهد
وقد جاءنا عن ربنا في ( براءة ) ::::::::::::: براءتهم عن كل كفر وعن جحد
وإخواننا سماهم الله فاستمع :::::::::::::: لقول الإله الواحد الصمد الفرد
وقد قال خير المرسلين نهيت عن ::::::::::::: فما باله لا ينتهي الرجل النجدي
وقال لهم : لا ما أقاموا الصلاة في ::::::::::::: أناس أتوا كل القبائح عن قصد
أبن لي ، أبن لي لم سفكت دماءهم ؟ :::::::: ولم ذا نهبت المال قصدا على عمد ؟
وقد عصموا هذا وهذا بقول لا :::::::::::::: إله سوى الله المهيمن ذي المجد
“ Aku menarik kembali pujianku terhadap Muhammad bin Abdul wahhab An-Najdi
Sungguh telah benar kekliruan pujiannku terhdapnya.
Aku mnyangkka baik padanya, dan aku berdoa semoga, semoga Najd kita member petunjuk pada manusia.
Tapi persangkaanku salah, bukan nasehatku yg salah. Telah dating kepadaku dari Najd syaikh Marbad.
Dan mnjlskan hakekat ajaran muhammad An-Najdi.
Di dalm kitab-kitabnya ia telah banyak emgkafirkan penduduk bumi dengan sengaja.
Dan seterurnya…
Sungguh telah benar kekliruan pujiannku terhdapnya.
Aku mnyangkka baik padanya, dan aku berdoa semoga, semoga Najd kita member petunjuk pada manusia.
Tapi persangkaanku salah, bukan nasehatku yg salah. Telah dating kepadaku dari Najd syaikh Marbad.
Dan mnjlskan hakekat ajaran muhammad An-Najdi.
Di dalm kitab-kitabnya ia telah banyak emgkafirkan penduduk bumi dengan sengaja.
Dan seterurnya…
Catatan :
Lihatlah, bagaimana wahhabiyyah mengelabui umat Islam dalam tipu dayanya
menulis nama-nama para ulama islam sedunia yang memuji dan mendukung
ajaran Muhammad bin Abdul wahhab, padahal setelah dikroscek ternyata
ulama-ulama tsb adfalah hanya dari kalangan keluarga, putra, cucu dan
murid Muhammad bin Abdul Wahhab sendiri.
Manakah para ulama Islam sezamannya yang memuji Muhammad bin Abdul Wahhab ???
Tidak adakah ulama selain dr kalangan keluarga dan murid Muhammad bin Abdul wahhab yang membela ajarannya???
Sedangkan para ulama besar dari smua kalangan madzhab telah membantah
dan mencela ajaran Muhammad bin Abdul wahhab, ratusan ulama yang hidup
semasa dengan Muhamamd bin Abdul wahhab bahkan dari saudaranya sndiri
yaitu syaikh Sulaiman bin Abdul wahhab yang lebih memahami karakter
suadaranya itu dan lebih alim telah mencela dan membuat bantahan kpd
saudaranya tsb Muhammad bin Abdul wahhab. Belum lagi ribuan ulama
setelahnya yang mencela dan tidak mendukung ajaran Muhamamd bin Abdul
Wahhab.
http://filsafat.kompasiana.com/2011/09/23/membongkar-kedustaan-pengakuan-salafy-wahhabi-atas-pujian-para-ulama-kepada-muhammad-bin-abdul-wahhab-395885.html